Selasa, 27 Oktober 2015

PERSIAPAN DIRI DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASIA



PERSIAPAN DIRI DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASIA

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) salah satu aspek penting yang diperlukan kesiapan diri yang kompeten. Kualitas diri merupakan faktor penentu untuk bisa bersaing dengan para tenaga kerja dari negara masyarakat ekonomi asia lainnya, yang memiliki kompentensi kerja yang lebih tinggi. Tentunya akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mendapatkan keuntungan ekonomi didalam masyarakat ekonomi asia. Dengan demikian harus berusaha sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas diri pada penguasaan IPTEK untuk menopang kegiatan ekonomi agar lebih kompetitif.
Namun peran pemerintah Indonesia sangat dibutuhkan untuk menciptakan lebih banyak tenaga kerja yang ahli, dengan memberikan pelatihan, kursus dan memberikan bantuan dana bagi yang kekurangan dana untuk meningkatkan usaha. Salah satu solusinya tarik semua sumber daya manusia yang bekerja diluar negeri yang memiliki keahlian yang tinggi di bidangnya masing-masing dan juga diberikan posisi yang strategis di industri maupun pemerintahan Indonesia. Pemerintah harus mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk dalam negeri, sehingga industri manufaktur dan industri kreatif dalam negeri terus bertumbuh dan tetap terkendali serbuan produk-produk impor dari Negara ASEAN lainnya. Menggunakan produk dalam negeri serta bersatu pengusaha dan pemerintah agar tercapai sinergi dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi untuk menghadapi tantangan masyarakat ekonomi asia.

KESIMPULANNYA
Dalam menghadapi ekonomi asia perlu menyiapkan diri yang kompenten, berkualitas dan siap bersaing dengan Negara-negara ASEAN lainnya. Pemerintah Indonesia harus fokus  untuk memberikan pelatihan kepada generasi muda agar menciptakan lebih banyak tenaga kerja yang ahli dibidangnya masing-masing. Memberikan bantuan ekonomi pada usaha kecil yang memiliki potensi bersaing serta mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri sehingga industri manufaktur dan industri kreatif dalam negeri terus bertumbuh.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar